Candi Mendut : Candi Tertua Sejak Dinasti Syailendra

Apa yang terlintas di benak anda jika menyebutkan kata magelang, tentunya yang terlintas di benak anda adalah candi Borobudur. Sudah tidak diragukan lagi sebab candi borobudur sudah terkenal di kancah internasional. Namun kali ini saya tidak akan mengulas mengenai candi borobudur ini namun saya akan mengulas salah satu wisata candi yang ada di magelang. Candi yang akan saya ulas ini bernama candi mendut yang candi ini merupakan candai tertua sejak zaman dinasti syailendra.

 

Candi Mendut

Candi Mendut, yaitu  salah satu candi Budha yang memiliki panorama yang menakjubkan, candi mendut ini dibangun sejak zaman pemerintahan Raja Indra, yaitu pada masa Dinasti Syailendra. Candi mendut ini termasuk dalam candi tertua, sehingga candi sangat menarik untuk dijelajahi karena keindahan serta arsitekturnya yang unik.

Lokasi Candi Mendut

Jika anda ingin berwisata di candi mendut ini yang mana lokasinya berada di : Jl. Mayor Kusen, Desa mendut, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Disini untuk mempermudah dalam mencari lokasi candi mendut sendiri yaitu dengan cara menggunakan apk google maps. Untuk cara pemakaiannya yaitu dengan menuliskan nama tempat wisatanya seperti pada candi mendut ini dan selanjutnya anda sudah bisa mengikuti rute yang sudah ditunjukkan menuju candi mendut ini.

Harga Tiket Masuk

Jika anda ingin memasuki kawasan candi mendut ini maka disini anda perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuknya. Tiket masuk ke candi mendut ini juga sangat terjangkau yaitu dengan membayar sebesar 10 ribu rupiah saja. akan tetapi harga 10 ribu tersebut belum termasuk dengan biaya fasilitasnya yaitu seperti sewa parkir, Untuk sewa parkirnya yaitu akan dikenai biaya sebesar 2 ribu saja untuk kendaraan motor dan 5 ribu saja untuk mobil.

Daya Tarik

Candi mendut ini memiliki Corak di setiap masing-masing relief yang begitu sangat khas, misalnya seperti pada relief Hariti dan Kuwera. Relief berada di sisi dinding utara. Sedangkan Hariti dan Kuwera yaitu relief yang berbentuk pasangan suami istri raksasa.

 

Itu saja pembahasan daya tarik dari candi mendut. Sekian terima kasih.

Sumber : https://menatapnegeri.com/


Posted

in

by

Tags: