Pengertian Pekerjaan Sosial : Tujuan dan Fungsinya

Pekerjaan sosial merupakan termasuk dalam sebuah profesi yang mana hal ini dikembangkan sebagai sebuah komponen yang praktis dalam kesejahteraan sosial yang mana hal ini menerapkan hasil-hasil kajian kesejahteraan sosial mengenai kehidupan sosial manusia. Jika anda ingin mengetahui lebih lebih tentang pengertian pekerjaan sosial, pada kesempatan ini saya akan memaparkannya secara singkat dan mudah untuk dimengerti, berikut penjelasannya.

 

Pekerjaan Sosial

Definisi dari Pekerjaan sosial yaitu suatu kegiatan profesional yang mana hal ini dapat membantu individu, kelompok maupun untuk masyarakat dalam meningkatkan maupun untuk memulihkan kemampuan mereka berfungsi sosial serta agar dapat menciptakan kondisi yang mendukung dengan tujuannya tersebut.

pengertian lain dari Pekerjaan sosial yaitu suatu bidang keahlian yang mana hal ini mempunyai kewenangan dalam melaksanakan dalam berbagai upaya serta untuk meningkatkan kemampuan orang terhadap pelaksanaan fungsi sosialnya dengan melalui proses yang berupa interaksi, supaya orang tersebut bisa menyesuaikan diri dalam situasi kehidupannya secara memuaskan.

Tujuan Pekerjaan Sosial

  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan suatu masalah, serta mengatasi dan juga perkembangan.
  • Untuk memperbaiki keefektifan dan juga bekerjanya yang mana dilakukan secara manusiawi, sistem yang menyediakan orang serta dalam pelayanan.
  • Untuk menghubungkan orang-orang yang ada dalam sistem dengan memberikan sumber-sumber, serta pelayanan-pelayanan dan dalam kesempatan.

Fungsi Pekerjaan Sosial

  1. Agar dapat meningkatkan kapasitas orang untuk mengatasi suatu masalah yang sedang dihadapinya, agar dapat menjalankan peran tersebut, pekerja sosial ini mengidentifikasi hambatan klien dengan cara melaksanakan tugas kehidupannya.
  2. Untuk menggali dan juga untuk menghubungkan sumber yang tersedia pada klien

Prinsip Pekerjaan Sosial

  • Non-judgemental, ialah suatu pekerja sosial yang mana hak ini menerima klien secara apa adanya tanpa dengan sebuah prasangka atau dalam penilaian.
  • Acceptance, ialah yang mana suatu prinsip dalam pekerjaan sosial yang fundamental disini dengan menunjukkan sebuah sikap toleran kepada keseluruhan klien.
  • Self Determination, yang merupakan memberikan kebebasan untuk mengambil sebuah keputusan dari klien.

 

Demikian penjelasan dari saya mengenai apa itu pekerjaan sosial yang mana telah dijelaskan secara singkat. Terima kasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/


Posted

in

by

Tags: