Jenis-jenis Cat Tembok, Kenali Dulu Sebelum Membeli!

Pengecatan merupakan tahap akhir atau finishing dalam pembuatan sebuah hunian atau rumah. Dengan mengecat tembok nantinya akan membuat hunian tersebut tampak lebih hidup dan pastinya juga semakin cantik bukan. Pilihan warna-warninya sendiri dapat disesuaikan dengan selera Anda. Entah itu ingin warna dasar yaitu putih saja ataupun juga dengan memakai warna-warni yang lainnya. Umumnya masyarakat sendiri kebingungan dalam menentukan jenis warna apa yang cocok untuk hunian mereka.

Dibandingkan dengan pemilihan warna, sebenarnya memilih jenis cat yang tepat jauh lebih penting, karena akan menentukan kualitas dari pengecatan tersebut nantinya. Patut juga untuk diketahui bahwa pada dasarnya jenis-jenis cat tembok ini juga sangat beragam. Dimana memang ada yang biasa, namun juga ada yang kualitasnya bagus sehingga bisa menghasilkan tampilan akhir yang mengkilap. Nah, agar tidak salah dalam membeli, maka kenali dulu jenis-jenis serta karakteristiknya yang ada pada cat tembok berikut ini, yaitu:

 cat tembok

1.    Alkyd synthetic

Jenis cat yang satu ini termasuk dalam cat yang mengkilap. Dimana ia sangat kuat, bahkan dalam menghadapi udara yang lembab sekalipun, juga punya ketahanan yang bagus terhadap cahaya, cat yang satu ini paling tepat dipakai untuk eksterior hunian Anda, sehingga nantinya menghasilkan tampilan yang bagus ditambah lagi juga tidak mudah untuk berjamur, karena punya ketahanan yang bagus terhadap perubahan udara.

2.    Emulsi styrene acrylic

Cat yang satu ini mengandung bahan yang berfungsi untuk melindungi tembok Anda dari perubahan suhu seperti cuaca yang panas serta perlindungan dari jamur. Karena memang didalamnya sendiri mengandung campuran dari akrilik. Sangat cocok dipakai untuk mengecat beton, batako, asbes, triplek sampai dengan permukaan dari plesteran.

3.    Wall sealer

Cat ini punya kemampuan yang sangat baik dalam menutup pori-pori permukaan dinding yang telah diplester. Sehingga nantinya permukaan dinding tersebut juga jadi lebih halus dan mencegah agar air tidak sampai merembes ke dalam dinding yang sudah dicat, mengingat kondisi semacam ini kerap terjadi dan menyebabkan kerusakan pada dinding.

4.    Zinc chromate primer

Khusus untuk Anda yang rumahnya terbuat dari beragam jenis material, termasuk juga logam dan yang lain sebagainya dan punya tendensi berkarat maka cat yang satu ini sangat cocok untuk digunakan. Karena seperti namanya cat tersebut memang mengandung material zinc yang bagus untuk mencegah pengkaratan.

5.    Duco

Banyak yang sudah tak asing dengan nama yang satu ini bukan. Cat duco ini dikenal juga sebagai cat dempul. Dimana memang cat yang satu ini dapat dipakai untuk menutup bagian permukaan serta kerapatan yang lebih tinggi. jadi nantinya pada proses atau tahapan selanjutnya maka finishing juga jadi lebih mudah serta halus.

6.    Polyurethane
Cat yang satu ini punya daya perlindungan yang lebih tinggi dan juga tahan terhadap resiko goresan. Cat ini punya wujud yang transparan, ketika diaplikasikan maka ia akan memberikan efek yang mengkilap, serta untuk permukaannya sendiri menjadi jauh lebih halus.

 

Mengenal jenis-jenisnya penting karena karakteristik serta pemakaiannya juga berbeda-beda. Ada banyak merk yang mengeluarkan produk cat-cat di atas, nantinya Anda dapat membeli yang sesuai dengan keinginan. Namun pada dasarnya berbeda jenis maka dari segi harga yang ditawarkan juga akan berbeda pula. Untuk itu maka jangan sampai salah dalam memilih sesuaikan juga dengan budget Anda.


Posted

in

by

Tags: