Pengertian Aplikasi dan Klasifikasinya

Di era modern dan serba canggih teknologi saat ini, aktivitas manusia semakin dipermudah dengan adanya aplikasi.

Aplikasi sendiri mencakup program yang terdapat di smartphone dan juga komputer. Sebenarnya, apa itu aplikasi ? Yuk simak uraian berikut ini. 

 

Pengertian Aplikasi

Aplikasi dapat diartikan sebagai sebuah program perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk keperluan tertentu.

Program tersebut meliputi program-program yang berada di dalam komputer maupun smartphone. 

 

Fungsi Aplikasi

Setelah mengetahui pengertian apa itu aplikasi, fungsi aplikasi sendiri pada umumnya yakni membantu dan mempercepat proses pekerjaan manusia, disamping itu mampu menciptakan hasil lebih akurat dalam memecahkan permasalahan.

Aplikasi juga digunakan untuk mengontrol perangkat keras, melakukan proses perhitungan dan lain sebagainya.

Pengertian aplikasi dan klasifikasinya

Pembagian Aplikasi

Aplikasi dapat dibagi atau dikategorikan dalam tiga kelompok berdasarkan pengembangannya. Diantaranya yaitu aplikasi desktop, yang mana dapat dijalankan pada perangkat komputer saja. Kedua, aplikasi web yang dijalankan menggunakan komputer, browser dan koneksi internet. Terakhir, aplikasi mobile yang dijalankan pada perangkat smartphone.

 

Jenis-jenis Aplikasi

Setelah kita ketahui bahwa memiliki banyak fungsi, aplikasi juga dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Jenis-jenis aplikasi tersebut yaitu diantaranya adalah aplikasi desktop, aplikasi grafis, aplikasi web browser, aplikasi multimedia, aplikasi communication serta aplikasi DBMS.

 

Klasifikasi Aplikasi

Selain jenis-jenis aplikasi,  ada sekitar 6 klasifikasi aplikasi yang perlu diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sistem Software, yakni merupakan aplikasi yang dapat mengelola serta mengendalikan proses suatu operasi di dalam internal pada sistem komputer.
  • Real Time Software, yaitu aplikasi yang fungsinya untuk mengamati, menganalisa sekaligus mengendalikan suatu kejadian di dunia nyata yang sedang berlangsung.
  • Business Software, yakni diciptakan serta dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis seperti mengatur sistem keuangan.
  • Engineering and Scientific Software, yaitu aplikasi yang dikembangkan untuk membantu menyelesaikan suatu problem yang bersifat non algoritmik.
  • Web Based Software, berfungsi sebagai media penghubung antara user dengan internet secara langsung.
  • Personal Computer Software, yaitu digunakan untuk perangkat user resmi dan pribadi yang sudah banyak digunakan saat ini.

 

Penutup

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai apa itu aplikasi. Semoga dengan informasi kali ini dapat menambah wawasan anda ya! Semoga bermanfaat.

Sumber : Majapahit Teknologi


Posted

in

by

Tags: