Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Sering Overthinking

Ketika kalian mengalami masalah sepele apakah kalian terus memikirkan masalah sepele itu atau malah mengabaikannya? Jika jawabannya kalian terus memikirkan dan susah untuk mengalihkan masalah sepele tersebut maka bisa jadi kalian merupakan seseorang yang overthinking.

Banyak orang yang abai akan hal ini, dimana kebanyakan dari mereka menganggap penting overthinking agar jauh berhati-hati, namun terlalu sering kita berpikir buruk akan suatu hal, bahkan sampai tidak bisa tidur maka akan berdampak pada kesehatan mental kalian ya sob.

Jika hati kalian tidak merasa tenang dan pikiran yang ada di isi kepala juga terasa penuh karena overthinking, maka sebaiknya kalian cegah hal ini agar kesehatan kalian tetap stabil.

Auto Draft

Untuk itu berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Overthinking yang kerap mengganggu hati dan pikiran kita:

1. Melakukan Kegiatan Berjalan Kaki

Ternyata berjalan kaki 10 menit ini bisa membuat suasana hati dan pikiran jauh lebih tenang. Karena pada saat kalian berjalan kaki maka fokus kalian itu hanya pada proses perjalannya itu, mengeluarkan nafas, menghirup udara, menikmati suara alam dan pemandangan di sekitarannya. Maka dengan begitu secara tidak sadar pikiran buruk yang ada di pikiran kalian akan hilang dan fokus pada sensai alam berikan.

2. Meditasi

Melakukan meditasi ternyata bisa membuat pikiran dan hati kita jauh lebih tenang. Banyak jenis untuk kita melakukan meditasi, tetapi meditasi yang paling mudah itu yaitu meditasi pernapasan.

3. Mendengarkan Musik Santai

Jika suasana hati dan pikiran kalian sedang tidak baik-baik saja, kalian bisa mengalihkan pikiran tersebut dengan mendengarkan music yang santai. Dengan music yang santai ini terbukti hati dan pikiran kalian bisa lebih tenang. Pilih music sesuai favorit kalian ya tentunya agar lebih rileks lagi. Tapi perlu diingat ketika kalian sedang dalam kondisi seperti ini jangan pernah sekali-kali untuk mendengarkan musik yang mengandung lirik-lirik galau dan sedih, sebab nantinya bukannya kalian lebih rileks malah makin jadi kepikiran.

4. Berdoa

Berdoa merupakan salah satu cara untuk menenangkan hati dan pikiran yang paling mudah kita lakukan, dan agar doa-doa kalian bisa terkabul, maka berdoalah di waktu-waktu mustajab.

 

Akhir Kata

bagaimana menurut kalian setelah membaca info yang dilansir dari beritaseputarkuningan.com  mengenai overthinking ini apakah menurut kalian wajar atau perlu dihindari? Tapi saran saya overthinking yang berlebihan akan berdampak buruk untuk semua hal, jadi  segeralah melakukan cara-cara diatas jika kalian sedang mengalami overthinking ya sob, agar hati dan pikiran kalian selalu tetap tenang. Semoga bermanfaat Terima kasih.


Posted

in

by

Tags: