Mengenal Satuan Unit Kepolisian Republik Indonesia

Bagi sebagian orang mungkin hanya mengetahui bahwa anggota Kepolisian Republik Indonesia hanya bertugas melayani dan mengayomi masyarakat saja. Namun, sebenarnya, Indonesia memiliki satuan unit Kepolisian yang sudah memiliki tugasnya masing-masing. 

Satuan unit Kepolisian yang ada di Indonesia ini terdiri dari berbagai macam, mulai dari yang bertugas untuk mengayomi masyarakat hingga melindungi masyarakat dari tindak kejahatan teroris. Di dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang satuan unit Kepolisian Republik Indonesia. 

Auto Draft

Satuan Unit Kepolisian Republik Indonesia

Beberapa satuan unit kepolisian Republik Indonesia sebagai berikut. 

1. Polisi Pantai

Indonesia memiliki satuan unit Kepolisian pantai. Sama dengan satuan unitnya, Polisi pada satuan unit ini memiliki tugas berupa menjaga keamanan dan mengawasi wisatawan yang sedang berkunjung di pantai. Pakaian pada satuan unit ini bisa dibilang cukup unik karena warna seragam dengan celananya berbeda, bajunya berwarna biru dan celananya berwarna hitam. Seragam berwarna biru ini melambangkan warna dari air pantai. 

Bukan hanya seragamnya saja yang terbilang unik, perlengkapan pada satu unit polisi ini juga unik, salah satunya adalah penggunaan topi koboi. Jadi, ketika kamu pergi ke pantai dan melihat seragam seperti yang sudah disebutkan, maka mereka adalah petugas polisi pantai. 

2. Polisi DVI

Satuan unit polisi berikutnya adalah polisi DVI. DVI itu sendiri merupakan singkatan dari Disaster Victim Identification. Polisi DVI ini dibentuk oleh Kepolisian Republik Indonesia yang di mana bertugas untuk melakukan identifikasi terhadap korban bencana yang sudah tidak dikenali. Misalnya, ketika ada peristiwa pesawat jatuh, kemudian tubuh dari korban jiwa sulit untuk diketahui, dari situlah Polisi DVI akan mengambil tindakan. 

Dikarenakan Polisi DVI bertugas untuk mengidentifikasi korban bencana, maka didalamnya terdiri dari beberapa tim, seperti fotografi, dokter gigi, dan antropologi. Bahkan, terkadang polisi DVI dibantu oleh beberapa anggota masyarakat. 

Baca juga: Gaji polisi

3. Densus

Bagi sebagian orang mungkin sudah seringkali mendengar bahwa ketika ada tindak kejahatan teroris, maka yang berperan untuk mengatasinya adalah Densus 88. Lalu, apa itu singkatan dari Densus 88? Detasemen Khusus 88 merupakan kepanjangan dari Densus 88 yang di mana tugas utamanya adalah menjaga keamanan masyarakat agar terlindung dari penyerangan teroris. Maka dari itu, anggota Densus 88 ini memiliki pelatihan khusus dalam menangani berbagai macam tindak teroris. 

Dalam hal ini, tindak kejahatan teroris, seperti adanya terror bom, adanya penyanderaan pada suatu lokasi, dan sebagainya. Sama dengan Polisi DVI, Densus 88 juga terdiri dari beberapa tim, seperti tim penjinak bom, tim penembak jitu, dan tim investigasi. Dalam suatu daerah biasanya memiliki 47 sampai 75 orang anggota Densus 88 antiteror. 

4. Sabhara

Satuan unit Polisi berikutnya adalah Samapta Bhayangkara atau disingkat menjadi Sabhara. Beberapa tugas dari Sabhara Polri, seperti mengayomi masyarakat, memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, dan mencegah anggota masyarakat yang berkeinginan untuk melanggar hukum. 

Satuan Polri ini memiliki seragam warnanya sering kita lihat pada seragam polisi pada umumnya, yaitu seragam dengan warna abu-abu cokelat yang dilengkapi dengan topi baret berwarna cokelat. 

5. Brimob

Di dalam Kepolisian Republik Indonesia ada yang bertugas untuk menangani suatu kerusuhan yang sedang terjadi, melakukan penanganan terhadap tindak kejahatan tingkat tinggi, menjinakkan bom hingga melakukan penyelamatan terhadap sandera. Tugas itu semua berada di bawah satuan unit Brimob. Adapun kepanjangan dari Brimob adalah Brigade Mobil. 

Anggota Brimob dilatih oleh kesatuan-kesatuan militer, sehingga Brimob sering dikenal memiliki sifat paramiliter. Dikarenakan anggota Brimob bertugas menangani kerusuhan, maka mereka juga mendapatkan latihan untuk menangani huru-hara. 

6. Polisi PBB

Indonesia juga mengirim anggota Kepolisiannya untuk menjaga perdamaian dunia. Anggota Kepolisian yang mendapatkan tugas itu adalah Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia (PBB). Topi dan pelindung kepala dari anggota Kepolisian ini berwarna biru muda. Dengan mengirim anggota Polisi PBB, maka Indonesia sudah berperan dalam menjaga perdamaian dunia. Adapun yang dipercaya untuk menjadi anggota PBB, seperti Polisi, tantara, dan petugas sipil. 

 

Demikian pembahasan tentang beberapa satuan unit Kepolisian Republik Indonesia beserta tugas-tugasnya. Setiap satuan unit Kepolisian Republik Indonesia memiliki urutan pangkat polisi yang berbeda-beda. Nah, dari sekian banyak satuan unit Kepolisian, kamu tertarik untuk memilih yang mana?


Posted

in

by

Tags: