Yuk Ketahui Berbagai Keuntungan Membeli Saham IPO

Bagi para pemula di pasar modal terutama mereka yang masih pemula dalam dunia saham, banyak yang mempunyai pertanyaan bahwa apa sih keuntungan membeli saham IPO?

Ya, pertanyaan ini merupakan sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para pemula di dunia saham. Hal tersebut dikarenakan pada saat ini masyarakat luas bisa dengan mudah untuk membeli saham IPO, karena sudah ada platform tersendiri yang disediakan untuk membeli saham IPO.

Oke, jika kamu penasaran tentang beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu membeli saham IPO, yuk simak artikel ini dengan seksama dan lengkap jangan sampai ada yang terlewatkan.

Auto Draft

Manfaat Membeli Saham IPO

Pada dasarnya ada 2 manfaat atau keuntungan yang akan bisa kamu rasakan jika kamu membeli atau mengoleksi sebuah saham IPO. Apa itu? Oke langsung saja kita bahas.

1. Menikmati Pertumbuhan Dividen dari Awal

Beberapa perusahaan terbuka yang melakukan proses IPO untuk menarik pendanaan di perusahaannya untuk melakukan berbagai kepentingan yang ada di perusahaan tersebut, salah satunya adalah untuk melakukan ekspansi bisnis.

Jika ekspansi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan terbuka tersebut berhasil, maka keuntungan atau laba yang perusahaan tersebut dapatkan juga akan semakin besar di masa yang akan datang.

Nah, karena hal ini lah, kamu sebagai pemegang saham perusahaan terbuka tersebut bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari membeli saham IPO.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa IPO ini merupakan salah satu corporate action yang memberikan kesempatan bagi para calon investor untuk mempunyai kepemilikan di perusahaan terbuka tersebut.

Sebagai imbalan kepada para investor, maka pihak perusahaan terbuka akan membagikan dividen setiap tahunnya yang berasal dari keuntungan atau laba perusahaan terbuka tersebut.

Oleh karena itu, jika laba atau keuntungan perusahaan terbuka tersebut semakin besar, maka potensi untuk mendapatkan dividen bagi para investor juga akan semakin besar.

Sekarang kamu bisa membayangkan bahwa jika ekspansi yang dilakukan oleh perusahaan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan di masa depan.

Jika hal tersebut terjadi tentu saja kamu akan mendapatkan jumlah dividen yang sangat besar dari tahun ke tahun di masa depan. Menarik bukan?

Jika kamu ingin mengetahui lebih lengkap dan juga lebih detail tentang saham, tentu saja kamu bisa mengunjungi situs asaskewangan.com. Karena di dalam website Asas Kewangan ini kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi yang sangat update dan menarik seputar saham dan crypto.

2. Mendapatkan Saham di Harga Murah

Kegiatan IPO yang dilakukan oleh perusahaan terbuka ini tentu saja dapat memungkinkan kamu untuk bisa membeli saham di harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham ketika sudah beredar di pasar.

Perlu kamu ketahui bahwa ada satu peristiwa yang bisa kamu pelajari yaitu IPO yang terjadi pada sebuah perusahaan ritel terbesar di China, yaitu Alibaba pada tahun 2014 yang lalu.

Pada saat itu perusahaan Alibaba ini berhasil mendapatkan pendanaan dari para publik sebsar US$21,8 miliar dan berhasil mencatatkan rekor sebagai proses IPO terbesar sepanjang sejarah.

Ternyata pada saat Alibaba berhasil mencapai puncak kejayaannya pada tahun 2020 yang lalu, harga saham Alibaba ini berhasil meroket dengan pesat yaitu mencapai 244% jika dibandingkan ketika IPO.

Artinya, jika kamu melakukan investasi di perusahaan Alibaba dari harga IPO yang merupakan harga paling murah, maka kamu akan mendapatkan keuntungan maksimal dari selisih antara harga jual dan juga harga beli.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari dividen yang dibagikan oleh perusahaan Alibaba. Menarik bukan keuntungan yang ditawarkan oleh saham IPO ini?


Posted

in

by

Tags: